Bupati Ismunandar melakukan peletakan batu pertama pembangunan 272 unit rumah murah bersubsidi (Foto: Vian Humas)

SANGATTA- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) terus memberikan kemudahan regulasi bagi developer (pengembang) dalam penerbitan izin pembangunan perumahan. Pernyataan ini disampaikan Bupati Ismunandar saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Perumahan Sangatta City tahap 2,3 dan 4 oleh PT Bawa Jaya Tama, jalan pendidikan, Jumat (2/8/2019).

Animo yang sangat besar tehadap kebutuhan perumahan ini tentu harus segera dijawab, caranya dengan memberikan kemudahan regulasi bagi pengembang yang ingin berinvestasi di Kutim.

“ Prosedur penerbitan izin sudah bisa secara online, jalur birokrasinya disederhanakan, jangka waktunya juga sudah cepat biaya yang jelas dan transparan,” jelas Ismu.

“Kebijakan ini sejalan dengan program Nawacita Presiden RI, Joko Widodo mengenai tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif serta pembangunan rumah murah bersubsidi,” tambah Ismunandar.

Ismu menjelaskan bahwa rata-rata harga sewa rumah di Sangatta Rp 800 ribu – Rp 1,500 ribu per bulan. Meski begitu rumah tersebut tidak menjadi hak milik kita.

“Jadi lebih baik mengambil perumahan ini, angsurannya juga tidak berat 800 ribu – 1,3 juta dan sudah pasti menjadi hak milik. Fasilitas sudah lengkap, jalan, air dan listrik,” jelasnya.

Ismu menyampaikan dalam program kerja Pemkab Kutim mengutamakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, seperti penyediaan air bersih, listrik, jalan termasuk perumahan, kesehatan dan pendidikan.

“ Tidak perlu yang monumental, cukup kebutuhan dasar yang langsung bisa dinikmati masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Manager PT. Bawa Jaya Tama, Firdaus Simanjuntak menyebutkan bahwa pihaknya sudah membangun lebih dari 500 unit di Sangatta di beberapa lokasi. Di Kabo Jaya, 86 unit, Kenyamukan 428 unit.

“ Yang sementara progres pembangunan di Dayung 103 unit, di Pendidikan yang diresmikan bupati ini 272 unit. Target kami sampai akhir tahun ini 1000 unit. Program rumah bersubsidi ini khusus bagi warga yang belum memiliki rumah,” ujarnya.(hms4)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Gerimis Sangatta Utara Jadi Ke-17 – Target Terakhir Kecamatan Teluk Pandan

Bupati Ismunandar minum susu bersama anak-anak PAUD se