Bupati Ismunandar menyerahkan piala bergilir dalam kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara ) ke 4 PMI Kutim, Sabtu(3/8/2019). (foto: Vian Humas)

SANGATTA- Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kutai Timur (Kutim) sukses menggelar kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke-4, 2019 di lapangan sepakbola, Swarga Bara, Sangatta Utara, 29 Juli- 3 Agustus 2019. Kegiatan ini ditutup Bupati Ismunandar selaku Ketua PMI Cabang Kutim.

Jumbara merupakan agenda rutin PMI Kutim dalam rangka pembinaan generasi muda dalam pembentukan karakter sejak usia dini, sekaligus juga sarana silahturahmi antar Palang Merah Remaja (PMR) dari wilayah kecamatan lainnya.

“Kita melihat minat para PMR ini sangat besar, terbukti dari jumlah peserta yang ikut kegiatan ini sangat banyak. Bagaimana menanamkan kepekaan para remaja dengan lingkungan sekitarnya, bisa berempati dengan orang yang mengalami kesusahan. Selain itu harus cepat tanggap jika terjadi sesuatu musibah atau kecelakaan,” jelas Ismu.

Ismu menambahkan bahwa Jumbara ini juga bisa menjadi sarana bertukar informasi dan pengalaman dengan sesama PMR dari berbagai wilayah yang ada.

“Meskipun jauh, seperti dari Kecamatan Muara Wahau, kesempatan ini bisa digunakan untuk silahturahmi mempererat tali parsaudaraan serta berbagi pengalaman dengan teman-teman yang lain,” tambah Ismu.

Ismu juga menjanjikan akan memberi bantuan peralatan yang lebih representatif kepada para pengurus PMI Kutim guna menggelar Jumbara V di Bukit Pelangi mendatang.

“Kepada pengurus silakan inventarisir kebutuhan yang diperlukan bagi pelaksanaan Jumbara berikutnya agar lebih baik dan meriah,” janji Ismu.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kutim, Wilhelmus Widoy (Ewil) menjelaskan bahwa ada 621 peserta dari 5 kecamatan yang ikut Jumbara PMI ke 4 ini, yakni Kecamatan, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung, Bengalon dan Kecamatan Muara Wahau serta satu tim peninjau dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“ Ada 7 kategori lomba yang dipertandingan dalam 3 kelas, yakni Mula untuk SD, Madya untuk SMP dan Wira tingkat SMA. Juara pertama tingkat mula diraih SDN 004 Sangatta Utara, tingkat Madya SMPN I Sangatta Selatan dan tingkat Wira SMAN 2 Sangatta Utara, sedangkan juara umum diraih SMKN I Sangatta Utara,” jelas Ewil. (hms4)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kafilah MTQ Mulai Ikuti TC – Ismu Bangga, Mayoritas Asli Kutim

Saat Bupati H Ismunandar memberikan sambutan sekaligus membuka