SHARING: Wabup Kasmidi Bulang saat membuka kegiatan sosialisasi penyelenggaraan perizinan angkutan jalan gelaran Dishub Kutim. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur (Kutim) mengundang sekitar 40 peserta untuk mengikuti sosialisasi penyelenggaraan perizinan angkutan jalan bertempat di Room Pelangi, Hotel Royal Victoria, Rabu (7/8/2019). Peserta terdiri para pengusaha angkutan umum, jasa, dan barang. Kegiatan ini turut dihadiri Wabup Kasmidi Bulang didampingi Kepala Dishub Kutim Ikhasanuddin Syerpi, Kabid Darat Dishub Kutim Failu, dan narasumber dari Dishub Kaltim yaitu Jaka.

Kadishub Kutim Ikhsanuddin, mengungkapkan kegiatan pembinaan yang rutin dilaksanakan ini diharapkan sebagai ajang cerita dan masukan seputar penyelenggaraan angkutan umum di Kutim khususnya Ibu Kota Sangatta.

“Kami ingin meningkatkan pemahaman dalam penyelenggaraan angkutan umum, sehingga kami dapat memberikan pelayanan angkutan umum yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” jelasnya.

Beberapa hal yang dibahas dalam pembinaan, bahwa sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) dinyatakankan bahwa negara bertanggung jawab atas lalu lintas dan angkutan jalan dan pembinaannya dilaksanakan oleh pemerintah, yang meliputi perencanaan, pengaturan, pengendalian, dan pengawasan. Secara umum dijelaskan mengenai beberapa hal mendasar terkait dengan penyelenggaraan angkutan penumpang umum. Aturan izin tersebut seperti memberikan jaminan bagi pengguna jasa angkutan untuk mendapatkan jasa angkutan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya guna mewujudkan kepastian pelayanan jasa angkutan umum maka operator harus melaksanakan kewajiban. Kedua, memberikan perlindungan kepada penyedia jasa atau operator.

“Hasilnya pembinaan ini menjadi sarana dan ajang yang sangat penting bagi peningkatan kualitas angkutan umum di Kutim. Diharapkan pula dari forum ini timbul sinergitas yang erat antara pemerintah dan operator angkutan serta stakeholder terkait lainnya,” paparnya.

Senada, Wabup Kasmidi Bulang dalam arahan singkatnya meminta dari kegitan sosialisasi ini muncul ide-ide baru untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum di Kutim guna mewujudkan sistem transportasi yang tertib dan lancar. Disisi lain juga bisa dimudahkan dalam perizinan dalam memenuhi persyaratan administrasi salah satunya seperti dari persyaratan badan usaha yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang sesuai KBLI 2017.

Ditambahkan Kasmidi yaitu  menyadari permasalahan di bidang transportasi cukup rumit, untuk itu perlu disikapi secara bersama-sama demi menjawab harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah melalui Dishub Kutim dalam memberikan jasa transportasi darat maupun laut yang lebih baik dengan berbagai upaya perbaikan, penyempurnaan dan perbaikan kinerja yang memadai.

“Tingkatkan perbaikan pelayanan dan kinerja, sehingga kita mampu memberikan solusi terbaik terhadap permasalahan serta mampu merespon setiap tantangan dan perubahan dengan baik untuk perizinan penyelenggaraan angkutan umum yang maksimal,” tutupnya.(hms13)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

31 Penari Tampil Memukau di Pembukaan MTQ XV – Pentaskan Tari Kolosal Millennial Bertaqwa

HIBURAN: Penampilan puncak Tarian Kolosal Millennial Bertaqwa memeriahkan