Dilepas Wabup, Pawai Obor Berlangsung Meriah

Dilepas Wabup, Pawai Obor Berlangsung Meriah

43
0

Wabup Kasmidi Bulang, melepas ratusan peserta pawai obor di halaman kantor camat sangatta utara. (Foto Jani Humas)

SANGATTA – Pawai obor menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 58 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Rabu (7/8/2019) malam berlangsung meriah, pawai tersebut diikuti sebanyak 560 anggota Pramuka Kutim yang terbagi dalam 70 regu tingkat SD, SMP dan SMA.

Rute yang digunakan dalam pawai ini, yakni start dari halaman Kantor Camat Sangatta Utara, menuju Jalan Karya Etam, ke Jalan Yos Sudarso II hingga bundaran Patung Singa, kemudian ke Jalan Wolter Monginsidi dan melewati Jalan Diponegoro menuju Jalan APT Pranoto, finish di gedung Kwarcab Kutim.

Peserta saat itu terlihat menunjukkan kreativitasnya dengan membawa obor yang dirangkai menjadi beragam miniatur unik. Ada berbentuk, rumah, kapal, tandu dan lainnya. Bahkan sepanjang jalan setiap regu menyerukan yel yel untuk membakar semangat. Warga pun nampak antusias menyaksikan pawai tersebut dari pingir jalan.

Saat melepas peserta pawai, Wabup Kasmidi Bulang didampingi, Ketua Majelis Pembina Ranting (Mabiran) Sangatta Utara Muhammad Basuni dan Ketua Kwarran Sangatta Utara Herwinuddin serta jajaran pengurus Kwarcab Kutim lainnya.

Kasmidi yang juga selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kutim  mengatakan, makna pawai obor adalah melambangkan keperkasaan. Seperti api dalam kegelapan bisa memberikan penerangan. Artinya dalam kondisi apapun seorang pramuka harus bisa jadi yang terbaik dilingkungannya.

“Dengan semangat obor, bagi Pramuka Kutim tidak ada kata lain harus siap. Mencerminkan bahwa pramuka harus menjadi generasi yang handal. Agar kelak saat menjadi pemimpin dimanapun harus selalu siap,” tegas Kasmidi dihadapan para peserta pawai obor saat itu.

Kasmidi juga mengungkapkan, Kutim baru saja mengirimkan duta mewakili indonesia pada Jambore Internasional di Amerika. Tentunya hal ini memberikan motivasi tersendiri bagi para pramuka di Kutim.

“Kwarcab Kutim dalam 3 tahun terakhir, menjadi yang terbaik ke 2 selama 2 tahun beturut-turut. Hasil ini tentunya berkat kerja keras kita semua,” ucap Kasmidi. (hms10)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Pawai Kemerdekaan Meriahkan HUT RI ke 74 di Kutim

Salah satu peserta pawai kemerdekaan saat melintas di