Wakil Bupati Kasmidi Bulang (hitam) bersama Wakil Ketua DPRD Kutim (biru) bermain voly saat pembukaan turnamen olahraga yang diselenggarakan IKAT dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 RI 2019 (Foto: Vian Humas).

SANGATTA- Olah raga bisa menjadi sarana mempererat tali persaudaraan dan rasa kebersamaan. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang saat membuka turnamen olahraga yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Toraja ( IKAT ) Kutim, dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 RI, Jumat (9/8/2019) di Desa Singa Gembara, Sangatta Utara.

Olahraga bukan hanya sarana menjaga kesehatan dan kebugaran tapi bisa juga sebagai alat untuk mempererat tali persaudaraan dan rasa kebersamaan. Semua cabang olahraga tentu didalamnya ada sportifitas, kekompakan dan kerjasama tim yang harus dijaga,dipelihara untuk meraih prestasi yang membanggakan.

“Sekarang kita tidak lagi mengangkat senjata untuk berperang melawan penjajah, tapi tugas kita adalah mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif,” ungkap Kasmidi.

Ia menambahkan, keberagaman dalam satu tim sepakbola misalnya, tidak ada lagi perbedaan baik suku, agama, budaya, semua bersatu bersama-sama saling menopang untuk meraih kemenangan bersama. Indonesia yang sangat kaya dengan beragam budaya, adat istiadat, agama, suku dan bahasa menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan besar.

“Jadi kesimpulannya olahraga bisa menjadi alat pemersatu bangsa,” tambahnya.

Kasmidi Bulang juga mengucapkan terima kasih kepada IKAT yang sudah memberikan banyak kontribusi dalam pembangunan di Kutim terutama dalam menjaga kondusifitas dan keamanan lingkungan, partisipasi dalam setiap gelaran budaya dan lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Martinus Palallo menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti 38 sub kerukunan yang ada dalam IKAT dengan mempertandingkan cabang Voly, Takraw, Tarik Tambang dan Domino. Turnamen ini berlangsung hingga 17 Agustus 2019.

“Sistem yang digunakan setengah kompetisi, jadi setiap tim bisa bermain lebih dari satu kali meskipun sudah pernah kalah. Hadiah akan dibagikan kepada para pemenang saat 17 Agustus 2019,” ujarnya.

Ketua IKAT Kutim, Pither Buyang dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras hingga terlaksananya kegiatan ini.

“Selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas, kalah menang itu soal biasa dalam sebuah kompetisi. Paling penting adalah partisipasi kita dalam mengisi kemerdekaan ini,” ujar Pither. Semoga di tahun mendatang kegiatan ini bisa lebih semarak tentu dengan dukungan warga Toraja yang ada di Sangatta.(hms4)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Gerimis Sangatta Utara Jadi Ke-17 – Target Terakhir Kecamatan Teluk Pandan

Bupati Ismunandar minum susu bersama anak-anak PAUD se