Hari raya Idul Adha 1440 H, Wabup Kasmidi Bulang bacakan sambutan tertulis bupati dihadapan ribuan jamaah masjid At Taubah, Kecamatan Sangatta Selatan. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Seperti tahun-tahun sebelumnya, kembali Wakil Bupati H Kasmidi Bulang bersama keluarga, melaksanakan sholat Idul Adha 1440 Hijriah, di Masjid At Taubah, Kecamatan Sangatta Selatan, Minggu (11/8/2019).

Diawali pengumuman pengurus masjid, sebelum salat Id dan khatib naik mimbar, melaporkan bahwa hewan kurban yang di kurbankan  berjumlah 7 ekor sapi. Dua hewan kurban diantaranya yakni dari Bupati dan Wabup. Selanjutnya Kasmidi Bulang membacakan sambutan tertulis Bupati Kutim H Ismunandar.

Isi sambutan bupati yakni, ibadah kurban mempunyai nilai ketauhidan yang cukup mendalam. Peristiwa Nabi Ibrahim As yang dengan rela dan ikhlas mengurbankan anaknya yang terkasih yaitu Nabi Ismail As mentaati perintah Allah Swt, hendaknya menjadi pelajaran bagi umat muslim bahwa ibadah kurban merupakan ujian untuk keimanan dan ketakwaan.

“Di zaman modern ini tentu bentuk ibadah kurban kita adalah berupa hewan ternak. Dengan tujuan nantinya akan diberikan kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu sebagai wujud rasa persaudaraan, solidaritas, dan kebersamaan antar sesama umat muslim. Selain itu, ibadah kurban juga bertujuan untuk menjaga fitra umat muslim agar tetap suci,” tutur Kasmidi saat membacakan sambutan bupati dihadapan ribuan masyarakat yang memadati masjid terbesar di kecamatan tersebut.

Lebih lanjut, Ismunandar juga mengajak, umat muslim yang saat ini berkumpul bersama . Bersama sama mendoakan Saudara-saudara lainnya yang berada di tanah suci makkah sedang menunaikan ibadah haji senantasa diberi kesehatan, perlidungan dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji serta kembali ke tanah air, sebagai haji mabrur dan mabrurah.

“Ibadah haji merupakan rukun iman ke 5 yang diwajibkan seumur hidup sekali bagi umat muslim yang telah mempunyai kemampuan, mampu biaya fisik dan aman perjalanannya,” pungkasnya.

Momentum Idul Adha tahun ini berdekatan dengan perayaan HUT RI ke 74, untuk itu pada kesempatan ini, atas nama Pemkab Kutim Kasmidi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menyemarakkan HUT RI dengan mengibarkan bendera merah putih dirumah masing-masing.

“Selain itu, saya mengingatkan agar masyarakat saat berziarah makam dan bersilaturahmi ke tetangga, mohon diingat kembali listrik dan kompor. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yang merugikan kita semua,” ujarnya.

Dipenghujung salat Id Wabup Kasmidi meluangkan waktu untuk saling bersalaman bermaaf-maafan dengan jamaah masjid At Taubah Sangatta Selatan. (hms10)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Pawai Kemerdekaan Meriahkan HUT RI ke 74 di Kutim

Salah satu peserta pawai kemerdekaan saat melintas di