Foto bersama Bupati beserta jajaran dengan Siswa ABK SLBN.(Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA– Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kutai Timur (Kutim) kembali mengirimkan pramukanya untuk mengikuti kegiatan daerah tingkat Kalimantan Timur (Kaltim) di Tenggarong, Kutai Kartanegera (Kukar) dan nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim).

Namun perwakilan Kutim kali ini adalah para siswa yang terdiri dari anak berkebutuhan khusus (ABK). Kontingen pramuka Kutim diwakili siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri. Dilepas simbolis oleh Bupati H Ismunandar, di Halaman Kantor Sekretariat Kabupaten, Senin (12/8/2019).

“Selamat mengikuti Jambore Daerah dan Nasional. Semoga ilmu yang didapat selama kegiatan dapat bermanfaat untuk pengembangan kepramukaan di Kutim,” kata Ismu.

Sejumlah pejabat turut hadir melepas para pramuka tersebut. Seperti Wabup Kasmidi Bulang yang juga Ketua Kwarcab Kutim, Sekretaris Kabupaten Irawansyah, Asisten Pemerintahan Umum Kesejahteraan Rakyat Suko Buono. Sejumlah perwakilan Pimpinan Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Kutim.

Ketua Kwarcab Kutim Kasmidi mengingatkan, agar mereka yang mengikuti Jambore Daerah dan Nasional, terus menjaga kesehatan. Selalu berkoordinasi dengan para pendamping.

“Adik-adik (pramuka) juga harus jadi orang yang baik, harus jadi orang hebat kebanggaan orangtua dan Kutai Timur,” pinta Kasmidi.

Tak lupa ia juga menyampaikan terimakasih kepada pendamping, para  guru yang sudah memberikan waktu luang. Karena tidak mudah mengajari adik-adik yang luar biasa tersebut. Khusus pembinaan kepramukaan, sehingga siswa SLB juga mendapatkan hak yang sama.

Selama mengikuti kedua kegiatan dimaksud, Kasmidi berharap para Pembina dapat memberikan informasi dan pengarahan. Terutama untuk peningkatan ilmu kepramukaan kepada para pramuka.

“Agar mereka (pramuka) bisa mengembangkan potensi yang ada di dirinya. Selamat untuk adik-adik (siswa ABK SLBN) yang berangkat ke Jambore Nasional di Cibubur. Silahkan ikuti semua prosedur, ikuti semua kewajiban bagi peserta. Begitu juga adik-adik yang mengikuti jambore di daerah. Saya minta (kepada pendamping) didampingi betul-betul. Karena jumlahnya lebih banyak. Jangan sampai ada yang terlepas dari pengawasan kita,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus) Pramuka SLB Negeri Kutim, Haristo menyampaikan siswa SLB Kutim yang akan mengikuti Jambore Nasional berbasis ABK di Cibubur terdiri dari 2 siswa dan 2 pendamping.

“Sedangkan siswa SLB yang mengikuti Jambore Daerah di Tenggarong, Kukar, terdiri dari 2 regu berjumlah 12 peserta dan didampingi 4 pendamping ditambah 1 dari Kwarcab,” sebutnya.

Haristo berharap, nantinya setelah mereka berangkat dan mencari pengalaman disana, bakal kembali dengan lebih baik dan membawa ilmu yang bermanfaat untuk Kutim. (hms7)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kafilah MTQ Mulai Ikuti TC – Ismu Bangga, Mayoritas Asli Kutim

Saat Bupati H Ismunandar memberikan sambutan sekaligus membuka