Bupati Kutim H Ismunandar menyematkan lencana kepada Choliantinus Sibuea, salah satu perwakilan Paskibraka Kutim. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Suasana khidmat menyelimuti rangkaian kegiatan upacara pengkuhan 36 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kutai Timur (Kutim) Tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG), Bukit pelangi, Jumat (16/8/2019).

Ditandai dengan pengikatan tali pinggang dan penyematan lencana oleh Bupati Kutim H Ismunandar kepada Choliantinus Sibuea salah satu perwakilan Paskibraka Kutim dari SMKN 2 Sangatta Utara. Pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” yang dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh semua anggota Paskibraka.

Pengukuhan disaksikan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Sementara Uce Prasetyo, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kajari Kutim Mulyadi dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Kutim serta para orang tua anggota Paskibraka Kutim terpilih 2019.

Bupati Kutim H Ismunandar selaku pembina upacara mengawali sambutan, mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang sudah berperestasi dan lolos menjadi Paskibraka pada peringatan HUT RI ke 74.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Kutim mengucapkan selamat atas terpilihnya anak-anakku untuk menjadi anggota Paskibraka Kutim.  Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pelatih yang telah bekerja keras mulai dari menyeleksi calon Paskibraka, hingga mendapatkan siswa-siswi terbaik kemudian mendidik dan melatih anak-anak tersebut,” ucap Ismunandar.

Kepada anggota Paskibraka Kutim, Ismu menegaskan, bahwa Paskibraka mengemban tanggung jawab yang sangat besar. Karena inti suksesnya upacara peringatan kemerdekaan RI ada pada pasukan pengibar bendera.

“Saya harap janganlah anggap tugas ini adalah tugas yang ringan, laksanakan tugas ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab,” tegasnya.

Terakhir, orang nomor satu di Kutim ini berpesan, anggota Paskibraka adalah putra putri terbaik Kutim yang memiliki keistimewaan sebagai pengibar bendera pusaka pada peringatan HUT RI ke 74.

“Akan tetapi juga harus mampu menunjukan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin dan bermoral serta memiliki jiwa Nasionalisme,” pungkas Ismu sapaan akrab bupati ini

Usai prosesi pengukuhan, Bupati Ismunandar mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka Kutim 2019. Untuk diketahui petugas Paskibraka pada penaikan bendera merah putih detik-detik proklamasi yaitu sebagai pembawa baki Vaolinsia dari SMKN 2 Sangatta Utara, penggerek bendera Raju Sanjaya dari SMAN 1 Sangatta Utara, pembentang bendera M Wahyu Erni Mappatunru dari SMAN 1 Sangatta Utara. Sedangkan Komandan Pleton Paskibraka Kevin Oktaviandra dari SMAN 2 Sangatta Utara. (hms10)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jalin Silaturahim, Kapolres Kutim Ajak Wartawan Jaga Kamtibmas

Suasana silaturahmi Kapolres Kutai Timur (Kutim) AKBP Indras