Irup Letkol Inf Kamil Bahren Pasha saat memberi hormat kepada sang merah putih.(Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Upacara penurunan bendera HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Kantor Sekretariat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Sabtu (17/8/2019) Sore, dipimpin Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha sebagai Inspektur Upacara (Irup) berlangsung lancar dan sukses.

Dalam cuaca sore yang cerah sekitar pukul 17:00 WITA, upacara penurunan bendera dimulai dan berlangsung sekitar satu jam. Dengan komandan upacara AKP Suparman. Sementara komandan Kompi Paskibraka dipegang Wahyu Winarko.

Upacara penurunan sang merah putih saat itu, dihadiri langsung Bupati Ismunandar, Wabup Kasmidi Bulang Seskab Irawansyah, jajaran pejabat lingkup Pemkab Kutim, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Selain itu di tribun utama juga ada tamu undangan khusus yang sengaja diminta hadir dalam acara tahunan ini. Seperti para veteran, pihak perusahaan swasta, tokoh masyarakat, agama, pemuda serta oraganisasi masyarakat.

Hampir seluruh komponen turut serta mengikuti kegiatan kenegaraan yang dilaksanakan setiap tahunnya. termasuk kalangan pelajar, mahasiswa, dan anggota TNI/Polri juga tampak memenuhi lapangan.

Seusai upacara selesai, Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha saat ditemui awak media menyampaikan Intinya sebagai warga Indonesia harus bangga bahwa hari ini adalah hari kemerdekaan NKRI, wajib dan harus dirayakan dalam artian tidak perlu dibesar-besarkan tapi ambil dari nilai-nilai perjuangan para pahlawan.

“Saya juga berpesan khususnya tentang bela negara, kedepannya harus ada kegiatan hal-hal yang berkaitan dengan bela negara. Jadi bela negara ini sangat penting dalam arti bahwa itulah menumbuhkan jiwa-jiwa pemuda kita yang mungkin dulu tidak mengenal para pahlawan tetapi dengan adanya doktrin-doktrin tentang kepahlawanan artinya bisa menumbuhkan jiwa yang baik dalam pengembangan bangsa dan jiwa ini,” tegas Dandim.

“Khusus anggota saya ucapkan terima kasih banyak dan sudah pasti dari pimpinan memberikan reward serta punishreward kepada anggota dengan bentuk yang bermacam-macam. Tetapi memang dalam paskibraka ini sudah tanggung jawab Kodim khususnya dibantu oleh pihak kepolisian, kemudian ada Lanal juga. Intinya kita tampilkan yang terbaik khususnya untuk Kutim,” jelas Dandim.

Dirinya menyampaikan cukup bangga dengan Kutim ini, banyak pemuda-pemuda yang berprestasi diantaranya tahun lalu ada yang lolos Paskibraka Nasional. Diharapkan kedepannya ada kembali terpilih untuk mewakili.

Dandim juga menyampaikan ucap syukurnya pada saat penaikan dan penurunan semua berjalan lancar dan sukses. Tidak ada kesalahan sekecil apa pun itu yang harapkan atau dibayangkan. (hms7)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

1.919 Pelamar Berebut 136 Formasi CPNS Kutim

Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kutim,