Bupati Ismunandar menyerahkan bendera duplikat merah putih kepada salah satu anggota Paskibraka untuk dikibarkan pada peringatan detik-detik Prokalamasi kemerdekaan ke 74 tahun 2019. (Foto: Fuji Humas)

SANGATTA – Pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang dilangsungkan di Lapangan Kantor Bupati, Kawasan Bukit Pelangi, Sangatta, Sabtu (18/8/2019) berjalan lancar, aman, tertib dan berlangsung secara khidmat.

Bupati Kutim H Ismunandar bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara sebagai komandan upacara dari TNI Angkatan Laut yaitu Kapten Laut (Pelaut) Haruman Ari Alfaizal.

Tepat pada pukul 10.00 Wita, sirine dibunyikan sebagai tanda detik-detik proklamasi hari kemerdekaan RI dan pembacaan naskah proklamasi langsung dibacakan oleh Ketua DPRD Kutim sementara, Uce Prasetyo.

Setelah selesai pembacaan teks proklamasi, dilanjutkan dengan pengibaran bendera duplikat merah putih oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kutim 2019 terpilih. Vaolinsia dari SMKN 2 Sangatta Utara, yang bertugas sebagai pembawa baki berkesempatan menerima bendera duplikat merah putih dari Bupati Ismunandar.

Upacara saat itu dihadiri Wabup Kasmidi Bulang, jajaran pejabat lingkup Pemkab Kutim, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). Selain itu di tribun utama juga ada tamu undangan khusus yang sengaja diminta hadir dalam acara tahunan ini. Seperti mantan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, para veteran, pihak perusahaan swasta, tokoh masyarakat, agama, pemuda serta oraganisasi masyarakat.

Hampir seluruh komponen turut serta mengikuti kegiatan kenegaraan yang dilaksanakan setiap tahun tersebut. termasuk Kalangan pelajar, mashasiswa, dan anggota TNI/Polri juga tampak memenuhi lapangan kantor bupati tersebut.

Usai upacara Bupati Ismunandar memberikan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka Kutim 2019 yang telah sukses mengemban tugas sebagai pengibar benera duplitkat merah putih.

Diketahui petugas penaikan bendera merah putih detik-detik proklamasi yaitu sebagai pembawa baki Vaolinsia dari SMKN 2 Sangatta Utara, penggerek bendera Raju Sanjaya dari SMAN 1 Sangatta Utara, pembentang bendera M. Wahyu Ermi Mappatunru dari SMAN 1 Sangatta Utara. Sedangkan Komandan Pleton Paskibraka Trisni Hariyanti dari SMAN 1 Sangatta Utara. (hms10)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jalin Silaturahim, Kapolres Kutim Ajak Wartawan Jaga Kamtibmas

Suasana silaturahmi Kapolres Kutai Timur (Kutim) AKBP Indras