Salah satu peserta pawai kemerdekaan saat melintas di panggung kehormatan. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Ratusan peserta memamerkan hasil kreasi kendaraan hias dalam pawai kemerdekaan, untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim), Minggu (18/8/2019). 

Peserta pawai dilepas langsung Bupati Kutim H Ismunandar, sekitar Pukul 09.30 Wita dengan titik start depan Kantor KNPI Kutim Jalan Soekarno Hatta, Kemudian menyusuri Jalan Yos Sudarso hingga menuju arah Sangatta Lama, melewati Jalan Diponegoro hingga finish didepan kantor camat Sangatta Utara.

Bupati Ismunandar mengatakan, pawai kemerdekaan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Kutim untuk memeriahkan HUT RI ke 74 di Kutim.

“Atas nama Pemkab Kutim, kita berharap kegiatan ini sebagai gambaran kesuksesan pembanguanan didaerah yang ditampilkan oleh masing-masing kelompok. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam pawai ini,” ucap Ismu sapaan akarab bupati ini.

Sebelumnya Ketua Panitia Nurullah melaporkan pawai kali ini diikuti sebanyak 35 kendaraan hias ditambah 100 lebih sepeda motor.

“Lomba kendaraan hias ini dibagi dalam beberapa kategori yaitu umum, OPD, dan pelajar,” jelasnya.

Setelah melepas iring-iringan peserta pawai, Bupati menuju panggung kehormatan yang disiapkan panitia di Jalan Yos Sudarso III Teluk Lingga, saat itu Bupati Ismunandar didampingi Seskab Irawansyah dan beberapa kepala OPD serta Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar Alfert Syaiful Sitorus.

Para peserta berasal dari berbagai instansi di lingkup Pemkab Kutim, TNI, kepolisian, perbankan, ormas, komunitas, paguyuban, perusahaan, sektor pendidikan dan rumah sakit turun memenuhi jalan-jalan menyuguhkan kreativitas memodifikasi kendaraan di hadapan tamu undangan dipanggung kehormatan dan ribuan pasang mata yang menonton.

Ada mobil disulap jadi kapal dari Dishub, ada berbentuk naga dari Dinas Kebudayaan, bahkan Dinas PU membawa alat berat tandem roller serta dari PDAM membawa patung besar burung garuda pancasila. Ada pula peserta membawa traktor sawah dan aneka macam buah dan sayuran dari Dinas Pertanian, juga bentuk gedung kantor dari DPRD Kutim. Kemudian suguhan tari tradisional dari paguyuban Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kutim. Ada pula konvoi bagian pelayanan masyarakat, Bapenda dan beberapa instansi lainnya serta konvoi kendaraan roda dua yang dihias dengan bentuk pesawat, helikopter dan tank.

Adapun yang paling menarik perhatian yakni atraksi baku tembak oleh personil Lanal Sangatta saat melumpuhkan serangan teroris dalam misi penyelamatan bupati yang disandera. Nampak dari atas panggung kehormatan Bupati Ismunandar, Seskab Irawansyah dan kepala OPD, Danalanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar Alfert Syaiful Sitorus dan undangan lainnya memberikan tepuk tangan meriah. (hms10)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bawa Tema “Gajah Mada” Marching Band WPS Meriahkan Upacara Hari Pramuka ke 58

Marching Band WPS kembali tampil memukau pada pada