Salah satu regu gerak jalan nampak antusias mengikuti lomba gerak jalan meski kondisi jalan becek dan tergenang air akibat hujan. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Lomba gerak jalan yang sedianya dilepas sekitar pukul 08.00 wita terpaksa harus molor akibat hujan deras yang melanda kota Sangatta sejak pagi. Ribuan peserta yang sudah berkumpul di Kantor Camat Sangatta Utara, Selasa (20/8/2019) harus menunggu redanya hujan sekitar 2 jam lamanya.

Walau sempat hampir batal karena kondisi hujan yang tak kunjung reda, berkat kesepakatan bersama oleh para ketua regu dari kalangan pelajar, instansi dan umum, lomba gerak jalan untuk memperingati HUT RI ke 74 dan HUT Pramuka ke 58 ini, akhirnya tetap terlaksana dengan semarak.

Meski baju basah tak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti lomba. Gerak jalan yang diikuti sebanyak 1.680 peserta dari 105 regu ini, dilepas Wakil Bupati Kasmidi Bulang didampingi jajaran Kuwarcab Pramuka di Kantor Camat Sangatta Utara.

Adapun rute yang digunakan yakni melintasi Jalan Sudirman, Belok kiri ke Jalan Karya Etam, kemudian belok kanan menyusuri Jalan Yos Sudarso II, selanjutnya menuju Jln. A. W.Syahranie (eks pendidikan)  hingga finish di Kawasan Folder Jalan Ilham Maulana.

Meski kondisi jalan becek dan sedikit tergenang air. masing-masing kelompok tetap antusias beraksi menunjukan yel-yel dan kemahiran dalam baris-berbaris di depan panggung kehormatan yang terletak dijalan A W Syahranie (eks pendidikan) tepatnya didepan Lapangan IKJ.

Para peserta terlihat menonjolkan ciri khas masing – masing menggunakan atribut Pramuka lengkap, ada pula yang mengecat wajah dengan warna merah putih, ada juga yang melapisi baju dengan kresek dari SDN 01 Sangatta Utara, bahkan aksi yel yel pelajar disabilitas dari SLB Negeri Sangatta juga menjadi perhatian menarik ratusan masyarakat yang menonton saat itu.

Wabup Kasmidi Bulang saat melepas peserta, mengapresiasi para peserta yang antusias mengikuti lomba gerak jalan meski cuaca kurang bersahabat.

“Momentum hari kemerdekaan ke 74 merupakan bagian dari kebersamaan dan semangat mengisi kemerdekan tahun ini. Dengan motivasi dan semangat merupakan bagian meneruskan perjuangan bagi pendahulu kita,” ucapnya.

Kasmidi berpesan, kepada para peserta agar tetap menjaga kesehatan dan keamanan saat melaksanakan lomba.

“Apabila ada yang merasa sakit jangan dipaksa segera melapor ke petugas yang berjaga,” tutur Kasmidi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kapten Laut Andi Zulqayyim melaporkan, lomba gerak jalan diikuti sebanyak 1.680 peserta dari 105 regu. Terdiri SD 40 regu, SMP 28 regu, SMA 15 regu, SLB 1 regu.  Kemudian instansi  sebanyak 11 regu, sedangkan umum sebanyak 10 regu.

“Semua peserta berasal dari Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan serta Bengalon,” ungkap Andi.

Lanjutnya, para pemenang akan diberikan hadiah berupa teropi dan piala bergilir bupati serta uang pembinaan.

“Untuk kategori tingkat pelajar SD hingga SMA akan mendapat hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta bagi juara umum, diserahkan pada upacara pembukaan Peran Saka se-Kaltim. Sedangkan untuk kategori umum akan memperebutkan piala bergilir bupati diserahkan pada HUT Kutim nanti,” pungkasnya. (hms10)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bupati Buka MTQ Expo di Tengah Guyuran Hujan

Bupati Ismunandar bersama Sekretaris Kabupaten, Irawansyah beserta rombongan