Wabup Kasmidi Bulang memberikan sambutan usai meresmikan renovasi Ponpes Hidayatul Hikmah di Km 7 Jalan Pertamina, Desa Sangatta Selatan. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Renovasi bangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Hikmah, beralamat di Km 7 Jalan Pertamina, Desa Sangatta Selatan, telah rampung pengerjaanya dan diresmikan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang didampingi Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, Jumat (23/8/2019) pagi.

Peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Wabup disaksikan Jajaran Polres Kutim, perwakilan Dinas Sosial, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, pengurus Ponpes Hidayatul Hikmah, tokoh masyarakat dan puluhan santri yang hadir saat itu.

Perbaikan tempat 86 santri dalam menimba ilmu agama islam ini, merupakan bantuan sosial Pemkab Kutim melalui Dinas Sosial dan Polres Kutim melalui program bedah pesantren, diberikan untuk merenovasi bangunan yang selama ini menjadi ruang belajar mengajar para santri.

“Atas nama Pemkab Kutim kami tentu memberikan apresiasi atas kerja sama antara Pemkab dan Polres Kutim berkaitan dengan bantuan-bantuan sosial salah satunya renovasi Ponpes Hidayatul Hikmah. Mudah-mudahan ini menjadi bagian mendukung pembangunan sehingga bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Wabup Kasmidi.

Dirinya berharap, dengan direnovasinya bangunan Ponpes tersebut para santri dapat kembali beribadah dengan khusyuk. Begitu juga ruang kelas sekolah yang telah rampung sebagai tempat pembelajaran bagi anak-anak dalam peningkatan SDM sekaligus jenjang pendidikan.

“Alhamdulillah disampaikan Ponpes ini juga merupakan sekolah lanjutan tingkat SLTP yaitu SMPIT Hidayatul Hikmah. Jadi anak-anak sekitar tidak jauh lagi bersekolah. Kedepan pihak pengurus bisa melaporkan ke Dinas Pendidikan untuk pemenuhan fasilitas dan pembelajarannya,” kata Kasmidi.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Hidayatul Hikmah Ustad Abu Habib Al Abbas mengatakan, renovasi berupa perbaikan atap lantai dan dinding telah rampung dikerjakan didukung material yang diberikan oleh Pemkab dan Polres dengan waktu pengerjaan selama 40 hari.

Dirinya berharap kedepan pemenuhan interior masjid Ponpes maupun perlengkapan diruang kelas sekolah di Ponpes tersebut juga dapat terpenuhi.

“Kami atas nama pengurus pondok pesantren mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan budi baik dari pihak Pemkab maupun Polres Kutim. Program ini tentunya sangat bermanfaat untuk dimulainya kegiatan pembinaan santri kami dan pembinaan jamaah disekitar Ponpes,” ucapnya. (hms10)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

79 Dewan Hakim MTQ Kutim Dikukuhkan – Diminta Kerja Profesional

Bupati Kutim H Ismunandar saat memberi ucapan selamat