Polres Kutim Razia OPM, Sasar Tujuh Pelanggaran

Polres Kutim Razia OPM, Sasar Tujuh Pelanggaran

206
0

Jajaran Satlantas Polres Kutai Timur saat melakukan hunting dalam Operasi Patuh Mahakam (OPM) 2019. (Foto: IST)

SANGATTA – Jajaran Satlantas Polres Kutai Timur menggelar Operasi Patuh Mahakam (OPM) 2019. Operasi dimulai 1 – 11 September mendatang. Dalam operasi kali ini, diterapkan dua metode, yakni hunting dan razia.

Kasatlantas Polres Kutim AKP Eko Budiatno mengatakan, hari pertama digelarnya operasi patuh, pihaknya belum melakukan razia. Namun, penertiban dilakukan dengan sistem hunting. Jadi ada puluhan personel yang tersebar di lapangan, menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua yang melakukan patroli. Bila melihat ada pelanggaran, langsung dilakukan penilangan.

“Dengan cara hunting, kami sudah menilang sekitar 70 pengendara di wilayah Sangatta Utara maupun Sangatta Selatan. Mereka umumnya melakukan pelanggaran tentang helm dan melawan arus. Sehingga langsung dikenai tindakan tilang,” ungkap Eko.

Eko menerangkan, untuk razia, pihaknya mengatur waktu-waktu tertentu saja, jadi tidak dilakukan setiap hari. Secara terpusat, target operasi sudah ditentukan. Yakni tujuh pelanggaran lalu lintas yang berpotensi kecelakaan. Yaitu, tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, menggunakan HP saat berkendara, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk keselamatan, berkendara belum cukup umur hingga berkendara dalam kondisi mabuk.

“Operasi Patuh Mahakam 2019 adalah rangkaian penertiban yang dilakukan untuk menyambut akhir tahun 2019,” tutupnya.

Untuk diketahui, Operasi patuh tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman berlalulintas hingga menekan bahaya kecelakaan. Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mentaati peraturan lalu lintas, seperti kelengkapan berkendaraan dan pemahaman tentang rambu lalulintas. Serta mengurangi angka kecelakaan serta menekan pelanggaran lalulintas yang beresiko menimbulkan korban. (hms15)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Hari Pramuka Se-Kaltim, Jadi Hadiah HUT Kutim

Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang saat sambutan