Saat siswi SMP Negeri 1 Sangatta Utara menampilkan tarian di Lapangan Kantor Bupati Kutim. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA – Pelaksanaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kutai Timur(Kutim), Sabtu (12/10/2019) digelar apel upacara di Lapangan Kantor Bupati Kutim, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi. Dalam rangkaian upacara pun menampilkan pelajar SMP Negeri 1 Sangatta Utara, dengan tarian massal membawa tema “Majulah Kutimku Jayalah Negeriku”. Melibatkan dua ratusan pelajar putri menampilkan tarian kolosal  dari 10 tarian daerah.

Pada kesempatan itu, Koreografer Dwi Nur Cahya Wati menyampaikan tarian ini di kombinasikan dari 10 daerah di Indonesia. Diantaranya tari begenjoh dari suku kutai, tari dayak pedalaman, tari mappadendang dari suku mugis, tari dari suku banjar, tari sipatokaan dari Manado.

“Tari kecak dari Bali, tari jawa manis nusantara, tari  tor tor dari suku batak, tari pagellu dari suku toraja dan terakhir dari Nusa Tenggara Timur tari tobelo,” katanya.

Dirinya menambahkan penampilan anak didiknya selama 20 menit ini suguh luar biasa, karena persiapannya sangat maksimal sekali. Mereka berlatih hanya dua minggu.

“Penari kami hanya berasal dari SMP Negeri 1 Sangatta Utara saja dan hanya siswi puteri. Kami ingin melibatkan semua siswa-siswi namun terkendala waktunya bertepatan dengan jadwal ujian tengah semester sekolah,” ungkapnya.

Terakhir ia mengatakan gerakan rampak dan rancak tarian ini, sebagai cerminan kecerian dan kegembiraan para penari dari pelosok negeri di Indonesia yang bangga untuk ikut serta memajukan Kutim untuk semakin berjaya.

Dalam upacara itu Bupati Kutim Ismunandar menjadi inspektur upacara, sedangkan komandan upacara Kepala Satpol PP Didi Herdiansyah. Peserta upacara mulai TNI dan kepolisian, pegawai negeri sipil maupunTenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D), pelajar, pramuka dan berdiri di lapangan hijau menghadap ke panggung tribun.

Sedangkan di panggung kehormatan, selain Bupati Ismunandar selaku inspektur upacara, juga tampak Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekda Irawansyah, Ketua DPRD Encek UR Firgasih, masing-masing didampingi istrinya. Terlihat juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), undangan lainnya seperti tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita dan unsur swasta maupun pemangku kepentingan lainnya.(hms7)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bupati Buka MTQ Expo di Tengah Guyuran Hujan

Bupati Ismunandar bersama Sekretaris Kabupaten, Irawansyah beserta rombongan